Rabu, 12 Januari 2011

PROGRAM DECISION PROSESS CHART (PDPC)

PROGRAM DECISION PROSESS CHART (PDPC)




Disusun Oleh:
Nama/NPM                 : 1. Caltararia Arlyani .V (30408221)
                                                                          2. Wendi Kurnianto (30408861)
                                    Kelas                           : 2ID02
Hari/Tanggal               : Sabtu / 20 November 2010




JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
BEKASI
2010


Program Decision Prosess Chart (PDPC)


Alternatif diagram. untuk risiko keputusan manajemen (Proses Keputusan Program Chart, PDPC) adalah alat yang dapat membantu menemukan cara untuk merencanakan atau langkah atau prosedur dengan berfokus pada hambatan yang mungkin akan terjadi dalam proses. Untuk mencapai tujuan dan sasaran yang ditetapkan, dengan pemikiran melalui semua hambatan dalam proses, mereka dapat menemukan cara untuk menghilangkan semua hambatan yang mungkin timbul di masa depan. Serupa dengan dukungan yang tersedia untuk rencana tindakan darurat untuk perubahan atau ketidakpastian yang akan berlangsung setiap saat.
Tujuan dari Proses Keputusan Program Chart (PDPC) adalah untuk mengembangkan kontinjensi dan mengatasi kegagalan yang mungkin atau masalah yang dapat terjadi sewaktu melaksanakan tindakan khusus yang tercantum dalam rencana. Hal ini tidak berhubungan dengan alat apapun yang saat ini digunakan dalam riset pemasaran. Proses untuk mengembangkan PDPC relatif mudah " Ini melibatkan pertanyaan "apa bisa salah ketika melakukan?" Kemudian rencana kontingensi (s), dikembangkan untuk setiap masalah yang diidentifikasi. Sebuah PDPC dapat digunakan untuk mengidentifikasi potential masalah. Tujuan lain dari PDPC adalah menggambarkan proses penyempurnaan rencana dengan memperhitungkan segala kemungkinan yang akan terjadi, sehingga dapat dipersiapkan langkah-langkah penanggunalangan sebelumnya.

Ciri-ciri PDPC:
*      Bagan ini membantu untuk menginventarisir faktor-faktor kegagalan yang dapat menghalangi  pelaksanaan suatu rencana solusi.
*      Faktor pengagal ini dapat berupa hal-hal yang tidak diinginkan (unexpected) maupun variasi hasil dari solusi yang kita lakukan.
*      Faktor penggagal tersebut dianalisis resikonya dengan menggunakan dua parameter penentu yaitu besarnya kemungkinan penggagal terjadi dan keseriusan efeknya terhadap kegagalan rencana solusi bila faktor penggagal tersebut terjadi.
*      Tim harus menemukan rencana program tindak balas yang dapat dilakukan untuk menghindari atau mereduksi timbulnya faktor penggagal beserta akibatnya. 
Proses keputusan grafik program sistematis mengidentifikasi apa yang mungkin salah dalam rencana yang sedang dikembangkan. Penanggulangan dikembangkan untuk mencegah atau mengimbangi masalah tersebut. Dengan menggunakan PDPC, Anda dapat merevisi rencana untuk menghindari masalah atau siap dengan respon terbaik ketika masalah terjadi.
Ketika Menggunakan PDPC
·         Sebelum melaksanakan rencana, terutama ketika rencana besar dan kompleks.
·         Ketika rencana tersebut harus diselesaikan pada jadwal.
·         Ketika harga kegagalan tinggi.

PROSEDUR PDPC
1.   Buat rencana selengkapnya
2.   Bayangkan kemungkinan persoalan, hambatan dan hal-hal tak terduga lainnya, meskipun sudah ada program
3.   Siapkan program penanggulangannya
4.   Bayangkan lagi hambatan, persoalan dan hal-hal tak terduga lain meskipun sudah ada program penanggulangan 3
5.   Siapkan lagi program penganggulangan baru
6.   Ulangi terus 4 dan 5, sampai tak ada lagi yang dapat dibayangkan.





PDPC Prosedur
1.      Mendapatkan atau mengembangkan diagram pohon dari rencana yang diusulkan. Ini harus diagram tingkat tinggi menunjukkan tujuan, tingkat kedua kegiatan utama dan tingkat ketiga tugas didefinisikan secara luas untuk menyelesaikan kegiatan utama.
2.      Untuk setiap tugas pada tingkat ketiga, bertukar pikiran apa bisa terjadi kesalahan.
3.      Meninjau semua potensi masalah dan menghilangkan yang tidak mungkin atau yang akan konsekuensi signifikan. Tunjukkan masalah sebagai tingkat keempat terkait dengan tugas.
4.      Untuk setiap potensi masalah penanggulangan brainstorming. Ini mungkin tindakan atau perubahan rencana yang akan mencegah masalah. Tampilkan balasan atau solusi sebagai tingkat kelima, diuraikan dalam awan atau garis bergerigi.
5.      Tentukan bagaimana praktis setiap penanggulangan. Gunakan kriteria seperti biaya, waktu yang dibutuhkan, kemudahan implementasi dan efektifitas. Mark praktis pencegahan dengan X dan yang praktis dengan O.

Berikut adalah ns questio beberapa yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi masalah:
o    Masukan apa yang harus hadir? Apakah ada masukan yang tidak diinginkan terkait dengan input yang baik?
o    Apa output yang kita harapkan? Mungkin lain terjadi juga?
o    Apa ini harus dilakukan? Apakah ada sesuatu yang lain yang mungkin melakukan atau sebagai tambahan?
o    Apakah ini tergantung pada tindakan, kondisi atau peristiwa? Apakah ini terkendali atau tidak terkendali?
o    Apa yang tidak dapat diubah atau tidak fleksibel?
o    Apakah kita diperbolehkan ada margin untuk kesalahan?
o    Asumsi-asumsi apa yang dibuat yang bisa berubah menjadi kesalahan?
o    Apakah ada pengalam yang sama yang sesuai dengan situasi tersebut?
o     Bagaimana ini berbeda dari sebelumnya?
o    Jika kita ingin ini berhasil, bagaimana kita bisa mencapai itu?

PDPC Example Contoh PDPC
Sebuah kelompok medis berencana untuk meningkatkan perawatan pasien dengan penyakit kronis seperti diabetes dan asma melalui program manajemen baru penyakit kronis (CIMP). Mereka telah menetapkan empat unsur utama dan, untuk masing-masing elemen, komponen kunci. Informasi yang ditata dalam proses pengambilan keputusan program grafik di bawah ini. Dotted garis merupakan bagian dari bagan yang telah dihilangkan. Hanya beberapa masalah potensial dan penanggulangan yang diidentifikasi oleh tim perencanaan ditampilkan pada tabel ini.


Proses Keputusan Contoh Program Chart
Sebagai contoh, salah satu masalah mungkin dengan penetapan tujuan pasien adalah kemunduran. Tim menyukai gagasan masing-masing pasien memiliki teman atau sponsor dan akan menambahkan bahwa dengan desain program. Daerah lain tabel rencana peluncuran membantu mereka lebih baik, seperti mengatur semua staf untuk mengunjungi klinik dengan program CIMP di tempat. Masih daerah lain memungkinkan mereka untuk merencanakan terlebih dahulu untuk masalah, seperti pelatihan perawat CIMP bagaimana pasien nasihat yang memilih tujuan yang tidak pantas.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar